Kamis, 02 April 2020

Puasa Sya'ban: Keutamaan, Manfaat, dan Niat Menjalankannya

  
Allah SWT memberikan banyak kesempatan bagi umat Muslim untuk beribadah lebih. Misalnya saja dengan berpuasa. Cukup banyak puasa sunah yang bisa dikerjakan sepanjang tahun ini. Salah satunya adalah puasa Sya'ban.

Apa keutamaan puasa Sya'ban? Apa saja manfaat yang bisa didapatkan jika menjalankannya dan seperti apa bacaan niatnya? Berikut ini informasi selengkapnya.

Keutamaan Puasa Sya'ban

Bulan Sya'ban berada di antara Rajab dan Ramadan. Bulan ini sebenarnya adalah saat yang istimewa untuk beribadah sunah. Namun biasanya kaum Muslim lebih fokus untuk menjalankan sunah di kedua bulan tersebut.

Usamah bin Zaid berkata, "Ya Rasulullah SAW, aku tidak pernah melihatmu berpuasa sebanyak di bulan Sya'ban." Rasulullah SAW berkata, "Ini adalah bulan yang tidak banyak diperhatikan orang-orang antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan saat berbagai amalan diangkat kepada Allah SWT. Aku suka amalanku diangkat saat sedang berpuasa." (HR Imam An-Nasa'i).

Seperti dinarasikan Aisyah, "Rasulullah SAW sempat puasa beberapa hari hingga kami berpikir dia akan terus melakukannya. Kemudian, Rasulullah SAW tidak puasa selama beberapa hari dan kami mengira dia tidak akan puasa lagi. Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW menyelesaikan puasa hingga satu bulan kecuali saat Ramadhan, dan aku tidak pernah melihatnya berpuasa sebanyak di bulan Sya'ban." (HR Abu Daud).

Manfaat Puasa Sya'ban

Seperti sudah disebutkan oleh hadits di atas, Sya'ban adalah bulan di mana amalan baik diangkat kepada Allah SWT. Jadi sangat disarankan untuk menjalankan ibadah puasa pada bulan ini.

Karena berdekatan dengan Ramadan, puasa Sya'ban sekaligus sebagai 'pemanasan' sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan yang mencapai 30 hari. Juga sebagai pengingat jika ada utang puasa tahun sebelumnya yang belum ditunaikan menjelang Ramadan.

Aisyah mengatakan, "Kadang aku melewatkan beberapa hari selama Ramadhan, tapi tidak bisa menggantinya kecuali di bulan Sya'ban. Yahya perawi lain mengatakan, "Dia dulu harus melayani kebutuhan Rasulullah SAW." (HR Bukhari)

Niat Puasa Sya'ban

Berikut ini bacaan niat yang bisa diamalkan jika Anda bemaksud menjalankan ibadah puasa Sya'ban.

Nawaitu shauma ghadin'an ada'i sunnati Sya'bana lillahi ta'ala

Artinya:
"Aku berniat puasa sunah Sya'ban esok hari karena Allah SWT."

Demikian keutamaan, manfaat, dan bacaan niat puasa Sya'ban. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.

0 komentar:

Posting Komentar