Kamis, 13 Agustus 2020

Konsumsi Makanan Berikut Saat Tanda Mau Melahirkan Muncul


Selama kehamilan, nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil sangat penting untuk memelihara kesehatan dan perkembangan janin yang dikandungnya. Terlebih jika Anda sudah merasakan tanda mau melahirkan, nutrisi yang diperoleh dari makanan sangat diperlukan untuk menjaga stamina saat proses persalinan terjadi.

Tercukupinya nutrisi menjelang persalinan akan membantu Anda untuk mengisi tenaga saat persalinan normal. Tenaga dari makanan ini digunakan untuk melakukan dorongan ketika pembukaan lengkap dan janin sudah ingin keluar. Jika Anda tidak memiliki tenaga, maka akan sulit dalam melakukan proses persalinan. Jadi, pastikan untuk makan yang cukup sebelum masuk kamar bersalin.

Untuk membantu Anda menyimpan tenaga saat proses persalinan, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi mendekati proses persalinan. Nah, agar lebih mudah, inilah daftar makanan yang baik dan aman dikonsumsi menjelang proses persalinan.

1. Roti

Menjelang proses persalinan, mungkin Anda akan merasakan tidak enak makan. Hal ini wajar terjadi, karena kontraksi yang dirasakan akan mengalihkan rasa lapar Anda. Meskipun begitu, Anda harus tetap mengisi energi untuk memperlancar proses persalinan. 

Karbohidrat menjadi sumber energi yang baik untuk persiapan persalinan. Agar tidak membuat Anda merasa mual menjelang persalinan, roti menjadi pilihan makanan yang baik dan aman untuk simpanan energi.

Dengan mengonsumsi roti, Anda dapat mengisi energi saat melahirkan. Meskipun tidak ada rasa ingin makan, ada baiknya untuk mengonsumsi roti sedikit demi sedikit tapi sering. Selain itu, jika Anda ingin kenyang lebih lama, ada baiknya mengkonsumsi roti yang terbuat dari gandum utuh.

2. Sup

Rasa mual mungkin akan terjadi menjelang persalinan. Untuk mencegah agar tidak muntah dan Anda menjadi kehilangan energi, sup bisa Anda konsumsi selama Anda merasakan tanda mau melahirkan.

Sup yang masih hangat akan membuat Anda menjadi lebih rileks dalam menghadapi persalinan. Agar nutrisi pada sup dapat lebih maksimal memperlancar proses persalinan, ada baiknya Anda mengonsumsi sup dengan kuah ayam ataupun daging. Selain untuk mendapatkan tenaga, konsumsi sup juga akan menambah asupan cairan pada tubuh.

3. Yogurt

Salah satu sumber karbohidrat dan protein yang baik dikonsumsi menjelang persalinan adalah yogurt. Meskipun memiliki rasa yang asam, yogurt memiliki kandungan kalori yang baik disimpan menjelang persalinan.

Agar rasa yogurt lebih nikmat, ada baiknya Anda menyajikannya dalam keadaan dingin. Selain itu, menambahkan buah-buahan juga diperlukan agar Anda mendapatkan nutrisi lebih dalam menghadapi proses persalinan.

4. Buah-Buahan

Untuk mendapatkan kalori yang cukup selama proses persalinan, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya karbohidrat. Anda bisa mengkonsumsi pisang, alpukat, atau apel menjelang persalinan.

Selain tidak membuat mual, buah-buahan juga mudah dibawa saat Anda menuju tempat pelayanan kesehatan untuk bersalin. Anda bisa menyiapkan satu ataupun dua buah pisang dalam tas perlengkapan persalinan yang Anda bawa.

5. Biskuit

Jika Anda kesusahan membawa makanan penambah energi, biskuit menjadi makanan yang tepat menjelang persalinan. Selain mudah dibawa, beberapa merek biskuit sudah ditambahkan beragam nutrisi untuk menambah kalori saat dikonsumsi.

Ada baiknya, Anda mengonsumsi biskuit dengan rasa plain atau susu. Biskuit yang terlalu asin bisa memicu tingginya tekanan darah menjelang persalinan. Sementara biskuit yang manis atau memiliki banyak krim akan membuat Anda mual dan lemas.

Meskipun dianggap sepele, mengonsumsi makanan saat merasakan tanda mau melahirkan penting untuk diperhatikan. Jika energi yang tersimpan cukup, proses persalinan akan semakin mudah dan risiko komplikasi saat persalinan dapat terhindari.

0 komentar:

Posting Komentar